Grow your skill banner
3 Tips dari Ahli Psikolog Untuk Tingkatkan IQ Anak

3 Tips dari Ahli Psikolog Untuk Tingkatkan IQ Anak

product article

Sangat banyak tips tentang parenting untuk meningkatkan IQ anak yang dapat kita temukan dimana-mana apalagi di dunia digital sekarang. Namun, kita terkadang bingung mana yang benar-benar harus diikuti karena belum ada pendapat ahli yang mendukung tips tersebut. Oleh karena itu, kami akan coba membagikan 3 saran dari seorang behavioral psychologist, Bryan Roche, Ph.D tentang bagaimana meningkatkan fungsi otak seseorang anak serta dapat membantu anak berprestasi di sekolah.

  1. Beri nutrisi asam lemak Omega 3 kepada mereka

Banyak pendapat diluar sana yang mengatakan bahwa Omega 3 seharusnya hanya dikonsumsi oleh orang dewasa untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Akan tetapi, Omega 3 ternyata bagus loh buat meningkatkan fungsi otak, semakin dini anak mengonsumsinya maka akan semakin bagus khasiatnya. Faktanya, air susu ibu dalam minggu pertama menyusui kaya akan omega 3, tulis Roche di situs Pscychology Today.

Roche menyarankan agar anak dibiasakan untuk mengkonsumsi ikan sedini mungkin, juga sayuran brokoli dan bayam. Roche juga menyarankan agar anak mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein karena kandungan asam amino pada protein sangat bagus untuk menunjang fungsi otak.

  1. Ajak mereka ngobrol dan membaca

Semakin banyak percakapan yang dibangun dengan anak maka semakin bagus pula fungsi otak anak tersebut. Bermain permainan yang sederhana bersama mereka seperti menanyakan mereka sebuah nama atau berhitung dapat mendorong meningkatnya tingkat kecerdasan mereka.

Kebiasaan membaca juga merupakan kebiasaan yang kaya manfaat bagi si anak. Roche menuliskan anak yang terbiasa dibacakan buku hampir setiap harinya punya IQ yang cenderung lebih tinggi. Kebiasaan membaca tersebut perlu diikuti dengan kegiatan yang interaktif dibandingkan anak hanya berperan sebagai pendengar. Gunakan berbagai macam suara dan ekspresi ketika membaca dan ikuti dengan pertanyaan-pertanyaan sehingga membangun interaksi dengan si anak.

  1. Dorong anak agar menjadi anak yang cerdas

Tips ketiga ini adalah perihal harapan dan keyakinan terhadap anak kedepannya. Sebuah studi yang mengajarkan kepada siswa disekolah bahwa kecerdasan otak tidak bersifat mutlak melainkan dapat berubah dan bertambah ternyata dapat meningkatkan hasil akademik siswa di sekolah dan menganggap akademik adalah sesuatu hal yang serius dibandingkan siswa yang tidak mendapatkan pesan tersebut. Studi ini dapat menjadi sebuah alasan yang jelas kenapa orang tua seharusnya mengatakan anaknya adalah anak yang cerdas dan berusaha untuk meyakinkan anak bahwa esok hari dia dapat menjadi orang yang lebih cerdas dibandingkan dirinya di hari-hari sebelumnya.

Oleh karena itu untuk memenuhi nutris Omega 3 pada si anak, orang tua dapat menyediakan Sarden ABC setiap harinya karena ikan Sarden ABC mengandung Omega 3 & 6 yang bagus untuk perkembangan otak anak dan juga protein yang penting untuk daya ingat, serta vitamin B12 yang dapat berfungsi untuk memperlancar pertumbuhan dan melindungi saraf otak. Selain itu, terdapat kalsium yang dapat mencegah gangguan fungsi otak dan sistem saraf. Yuk bantu penuhi nutrisi otak anak dengan Sarden ABC, pilihan nomor 1 keluarga! Lihat kebaikan sarden ABC di sini!

Reference: https://www.inc.com/minda-zetlin/raise-iq-smarter-children-improve-performance.html

FOLLOW US: